Kamis, 02 Mei 2013

Resistor

 Resistor
Resistor atau biasa disebut hambatan adalah komponen elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena berfungsi sebagai pengatur arus listrik sesuai kebutuhan. Resistor dilambangkan atau disingkat dengan huruf “R”. Satuan resistor adalah Ohm, yang berasal dari penemunya yaitu George Simon Ohm (1787 – 1854). Dia adalah seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman.

Resistor 

Sebuah resistor memiliki beberapa bentuk. Bila anda membuka salah satu alat elektronika misalnya radio, maka akan anda temukan banyak sekali resistor, dari yang berbentuk bulat panjang, segi empat, tapal kuda dan lain-lain.
Sebuah resistor memiliki 5 buah cincin atau gelang, yaitu gelang pertama, gelang kedua, gelang ketiga (untuk multiflier), gelang keempat (untuk toleransi), dan gelang kelima (untuk kualitas). Selain itu, geleng-gelang tersebut biasanya dibuat dalam beberapa warna. Untuk membaca kode warna gelang suatu resistor, dibawah ini diberikan table sebagai berikut :

Tabel Resistor

Tetapi didalam prakteknya, kadang para perancang atau pembuat alat elektronik memerlukan sebuah resistor dengan nilai tertentu, sedangkan nilai yang diperlukan tersebut susah atau tidak ditemukan dipasaran, maka untuk mendapatkannya dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu dengan cara SERIAL dan yang kedua yaitu dengan cara PARALEL. Dengan cara itu, masalah yang dihadapi oleh perancang elektronik dapat diatasi.

A.  Rangkaian Serial

Terdiri dari dua atau lebih hambatan yang disusun secara berurutan, hambatan yang satu berada di belakang hambatan yang lainnya. Resistor yang disusun dengan cara ini dapt dijadikan satu hambatan, yang disebut hambatan pengganti. Berikut ini adalah gambar dan rumusnya :
Resistor - Serial
Resistor-serial-formula
Keterangan :     Req    =       hambatan pengganti (ohm)
R1     =       hambatan ke-1
R2     =       hambatan ke-2
R3     =       hambatan ke-3
Rn     =       hambatan ke-n

B.  Rangkaian Paralel
Seperti halnya dengan rangkaian serial, rangkaian parallel dapat juga dijadikan menjadi satu yang disebut dengan hambatan pengganti, yang rumusnya adalah seperti ini :
Resistor-paralel
Resistor-paralel-formula
Keterangan :     Req    =       hambatan pengganti (ohm)
R1     =       hambatan ke-1
R2     =       hambatan ke-2
R3     =       hambatan ke-3
Rn     =       hambatan ke-n

Sumber :  teknik-elektro.net › Komponen Elektronika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar